Rabu, 01 Februari 2012

contoh laporan kegiatan


Laporan kegiatan
LAPORAN KUNJUNGAN STUDY LAPANGAN KE STASIUN TV NASIONAL JAKARTA METRO TV RCTI DAN PH DIWANGKARA DI JAKARTA
20-23 OKTOBER 2009




Disusun Oleh:
Ari Lestari Sinaga (0810338032)
Maryati Ivana (0810339032)

JURUSAN TELEVISI
FAKULTAS SENI MEDIA REKAM
INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA
2010

LEMBAR PENGESAHAN
Telah disetujui dan disahkan, oleh Jurusan Televisi, FSMR Yogyakarta
Pada tanggal:                     2010


Ketua Jurusan Televisi


Deddy Setyawan, M.Sn.
NIP. 19760729 200112 1 001


Mengetahui
Dekan Fakultas Deni Media Rekam



Drs. Alexandri Luthfi R.MS
NIP 131 567 124



KATA PENGANTAR
            Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas Rahmat yang telah diberikan sehingga penyusun dapat menyelesaikan study Lapangan yang dilaksanakan di Jakarta bertempat di Metro TV dan RCTI. Sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kegiatan yang telah penulis laksanakan, penulis menyusun Laporan Study Lapangan ke Jakarta yang merupakan kegiatan wajib mahasiswa Fakultas Seni Media Rekam Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
            Dengan selesainya Study Lapangan ini, maka ijinkan saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.      Bapak Drs. Alexandri Luthfi R,MS selaku Dekan Fakultas Seni Media Rekam
2.      Bapak Anusapati selaku pembantu dekan 1 Fakultas Seni Media Rekam
3.      Bapak Deddy Setyawan, M.Sn. selaku Ketua Jurusan Televisi
4.      Bapak Marno yang telah membimbing kami
5.      Seluruh karyawan/wati di Fakultas Seni Media Rekam yang telah bekerja keras membantu tugas kami.
6.      Semua yang terlibat dalam Studi Lapangan kami, yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Penyusun menyadari bahwa Laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itulah kritik dan saran yang membangun sangat kai harapkan.



       Yogyakarta, 22 September 2010



Tim Penyusun


DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN FSMR
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
B.     Tujuan
C.     Manfaat
D.    Waktu Pelaksanaan Study Lapangan
E.     Program Kegiatan

BAB II DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN STUDY LAPANGAN
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Saran
LAMPIRAN






BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Study Lapangan merupakan salah satu bagian dari kegiatan yang berhubungan dengan akademik dan mendukung proses belajar mahasiswa jurusan Televisi Fakultas Seni Media Rekam, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Kegiatan ini dimaksudkan agar mahasiswa tidak hanya mendapat pengajaran dari kampus saja tetapi juga mengetahui dunia kerja yang akan mereka tempuh dan perlu mendapatkan pengalaman di luar kampus sebagai penyempurnaanya. Pelaksanaan pendidikan di dalam kampus dititikberatkan pada pengembangan kreativitas, pembekalan dasar keahlian dan pengembangan wawasan keilmuan akademik. Selain belajar dikampus kita juga dapat belajar di lapangan, dengan adanya kegiatan seperti ini mahasiswa jurusan televisi jadi lebih mengetahui bagaimana situasi didunia kerja yang sebenarnya.  
Mahasiswa pada umumnya sebelum melakukan praktik pasti selalu didasarkan teori mata kuliah yang sudah diberikan oleh masing-masing dosen pengampu. Tidak hanya pintar diteori, namun mahasiswa juga harus bisa menerapkan teori-teori yang sudah diberikan melalui praktik yang dapat dilakukan dimana mahasiswa menimba ilmu, dalam hal ini adalah mahasiswa jurusan Televisi. Fakultas Seni Media Rekam, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Selain mendapat teori dikelas dari dosen, buku, dan lain sebagainya mahasiswa diasah kemampuannya untuk dapat mempraktikan masing-masing teori dari beberapa mata kuliah yang mahasiswa tempuh melalui tugas-tugas. Tugas yang diberikan pastinya dalam bentuk Audio, Visual, Audio Visual maupun bukan.



B.     Tujuan
Kegiatan Studi Lapangan ke Stasiun Televisi Nasional Metro TV, RCTI dan PH Diwangkara di Jakarta bertujuan:

1. memperlihatkan mahasiswa tentang bagaimana produksi film maupun televise secara langsung dan sebenarnya,
2.      memberikan wawasan dan pengetahuan kepada mahasiswa tentang seluk beluk dunia kerja pertelevisian yang sesungguhnya,
3.      menambah wawasan bagi para mahasiswa didunia pertelevisian
4.      sebagai studi komparasi mahasiswa terhadap teori-teori yang didapat di kampus dengan praktik yang sebenarnya di stasiun Televisi dan PH dalam proses produksinya,
5.      mengoptimalkan kemampuan mahasiswa dalam praktik lapangan pada sebuah produksi televise,
6.      Mengetahu dunia kerja pertelevisian

C.    Manfaat
Kegiatan Studi Lapangan ke Stasiun Televisi Nasional Metro TV, RCTI dan PH Diwangkara di Jakarta bermanfaat:

1.        Sebagai usaha menambah pengalaman bagi mahasiswa Jurusan Televisi sehingga nantinya dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan yang sebenarnya dilapangan atau didunia kerja pertelevisian mau pun dunia perfilman.
2.        Menambah pengetahuan mahasiswa tentang dunia pertelevisian televise nasional dan perfilman yang ada di Jakarta,
3.        Dapat melihat langsung dunia kerja di televisi dan film yang sebenarnya yang ada di Jakarta.


D.     Waktu Pelaksanaan Study Lapangan
Study tour lapangan dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2009 sampai dengan 23 Oktober 2009, selama 3 hari.

E.     Program Kegiatan
Kegiatan study lapangan dilaksanakan di PH Diwangkara di lanjutkan kunjungan ke  dua stasiun televisi nasional Metro TV dan RCTI pada tanggal 20-22 Oktober 2009.
 
·         Hari pertama         : Melihat langsung cara pembuatan produksi sebuah flm layar lebar yang dibintangi oleh Julia Perez  di PH Diwangkara dilanjutkan dengan diskusi bersama sutradara dan asisten sutradara PH Diwangkara. Kemudian dilanjutkan kunjungan kestasiun televisi Metro TV dan melihat ruang kerja serta terlibat sebuah diskusi seputar kinerja salah satu peogram tersebut dan diakhiri dengan melihat dan mengikuti proses produksi program acara Talk Show Kick Andy.
·         Hari kedua                        : Berkunjung ke stasiun televisi nasional RCTI. Di RCTI mahasiswa diajak untuk melihat proses produksi program acara musik DAHSYAT dan diajak untuk melihat-lihat studio produksi berbagai program acara televisi RCTI dan ruang kerja departemen produksi program acara televisi RCTI. Pada waktu melihat-lihat studio produksi program acara dan ruang kerja departemen produksi, mahasiswa dipandu oleh seorang PR yang membantu mahasiswa dalam menjawab pertanyaan mahasiswa dan menjelaskan apa saja yang berhubungan dengan RCTI.  
 


BAB II
DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN
STUDY LAPANGAN
           
Study lapangan yang dilaksanakan di Jakarta di PH Diwangkara dan dilanjutkan kunjungan ke stasiun televisi Nasional Metro TV dan RCTI pada tanggal 20-22 oktober 2009, yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Secara khusus mahasiswa merasakan adanya sebuah motivasi yang besar suatu saat setelah lulus dari ISI Yogyakarta bisa bekerja disebuah perusahaan televisi atau di sebuah rumah produksi film bahkan juga dapat mendirikan perusahaan televisi atau rumah produksi film. Dan sangat baik apabila bisa bekerja sesuai dengan minat yang ditekuni sehingga tak ada paksaan dari pihak siapapun kecuali tuntutan professional dan kredibilita kerja. Melalui kegiatan kunjungan kebeberapa stasiun televisi dah PH di Jakarta tersebut, penulis dapat melihat gambaran bagaimana dunia kerja di pertelevisian dan dunia per-film-an sehingga ketika nanti terjun kelapangan setelah lulus dari perkuliahan dapat melihat celah untuk memasuki stasiun televisi ataupun PH. Adapun kegiatan study lapangan yang penulis laksanakan adalaha sebagai berikut:
Hari pertama, mahasiswa dapat melihat langsung proses produksi sebuah film layar lebar yang diproduksi oleh rumah produksi Diwangkara yang dibintangi oleh Julia Perez, setelah melihat proses terjadinya shooting kami melanjutkan diskusi bersama asisten sutradara. Kami diberi banyak penjelasan tentang apa saja yang ada didalam produksi tersebut. Banyak hal yang kami dapat dari sana seperti melihat langsung seorang sutradara meyutradarai pemain, pengaturan jadwal pemain yang dikerjakan oleh astrada, melihat pemasangan lighting. Ternyata sama dengan apa yang kita dapatkan dari kampus. Setelah ke PH Diwangkara kami melanjutkan ke stasiun televisi Metro TV disana penulis melihat ruang kerja tempat dimana seorang pengarah acara, editor, audio dan switcer berada. Tak hanya itu mahasiswa pun terlibat Tanya jawab seputar cara kerja penggunaan alat-alat yang ada disana, diskusi kinerja, menejement, dan proses produksi program acara stasiun televisi Metro TV dan diakhiri melihat dan mengikuti proses produksi program acar talk show Kick Andy.
Hari kedua, mahasiswa mengunjungi stasiun televisi RCTI. Di RCTI mahasisw diajak untuk melihat langsung proses produksi program dahsyat yang ditayangkan secara langsung yang dipandu oleh Luna Maya, Olga, dan Rafi Ahmad. Setelah mahasiswa terlibat sebagai penonton mahasiswa pun diajak untuk melihat-lihat studio produksi berbagai program acara yang ada di RCTI, mahasiswa diajak melihat ruang studio Siapa Berani? Dan studio Seputar Indonesia. Pada saat meliahat-lihat ruang kerja serta studio yang ada di RCTI mahasiswa dipandu oleh seorang PR. Tidak hanya melihat-lihat studi tetapi PR juga memberikan info seputar cara kerja di RCTI, selain itu juga membantu menjawab setiap pertanyaan mahasiswa mengenai proses kerja di RCTI. Pada saat akhir pertemuan di RCTI mahasiswa diberi waktu untuk berdiskusi mengenai apa saja yang berhubungan dengan stasiun televisi nasional RCTI.
Berdasarkan kegiatan itu sudah jelas bahwa mahasiswa sudah diberikan banyak gambaran yang jelas tentang industry televisi dan film di Jakarta. Oleh karena itu, motivasi untuk bisa bekerja dan mambangkitkan industry televisi dan film sangat besar bagi penulis untuk menciptakan sebuah inovasi-inovasi baru dan mendaur ulang program-program acara yang lebih baik dengan menerapkan ilmu pengetahuan baik teori maupun praktek yang telah diperoleh dibangku kuliah.



BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Setelah pelaksanaan Study Lapangan ini, penulis medapat banyak pengalaman dan kesimpulan dari kegiatan tersebut. Yaitu agar mahasiswa mengetahui bagaimana dunia kerja diindustri pertelevisian, dan mendapat banyak pelajaran yang tidak terdapat pada perkuliahan biasanya.
Pelaksanan Study Lapangan ini telah memberikan banyak sekali pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia kerja pertelevisian, mulai dari pra produksi, produksi dan pasca produksi yang ada distasiun televisi. Pengalaman ini menjadi bahan baru bagi penulis untuk melengkapi teori-teori yang telah didapatkan dikampus.

B.     Saran
Saran untuk Jurusan Televisi Fakultas Seni Media Rekam Institut Seni Indonesia
a.       Memperbanyak kunjungan ke stasiun-stasiun televisi lainnya, agar wawasan mahasiswa menjadi bertambah, tidak hanya stasiun televisi yang ada dijakarta, tetapi perlu mengadakan kunjungan kebeberapa televisi lokal yang ada didaerah-daerah.
b.      Mengaktifkan kembali kegiatan mahasiswa melalui televise kampus sebagai media pembelajaran dan praktik mahasiswa untuk memproduksi acara televisi yang dimulai dari lingkup kampus didampingi dosen-dosen pembimbing.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar